Rabu, 14 Januari 2015

Energize...!!


Salam Energize,..

Kata Energize  berasal dari energy,  Energy adalah properti fisika dari suatu objek,  dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, sedangkan Energize adalah kemampuan untuk memberi semangat kepada anak buah, kepada team kita untuk berupaya maksimum dalam kerja.
Orang yang melakukan energize disebut Energizer, Energizer adalah seorang yang penuh dengan semangat hidup atau penuh dengan energi. Sayangnya, energize sering diabaikan dalam faktor dimensi kepemimpinan. Seringkali orang menyamakan antara energize dengan inspirasi, padahal  energize  adalah suatu bentuk daya yang tersedia bagi siapa saja apapun kondisinya. Jikalau inspirasi adalah tenaga pendorong untuk jangka panjang, maka energize adalah tenaga pendorong yang diperlukan setiap hari untuk dapat terus berjalan.

Karakter dan Type Energizers yang mempengaruhi energize.
Seringkali kita menjumpai orang orang sahabat atau rekanan yang begitu bertemu dengan kita mereka langsung terasa akrab dan paling tidak membuat kita tersenyum sehingga memdahkan terjadi komunikasi  berlanjut. Sebenarnya yang terjadi adalah adanya kesamaan karakter yang ditunjang dengan tipe orang yang bercirikan Energizers.

Empat kesamaan dimensi karakter yeng mempengaruhi Energizers
Pertama adanya  kesamaan dalam hal dimensi kharakter Physical, biasanya dikelola melalui kesamaan dalam hal berolah raga. Kedua adanya  adanya  kesamaan dalam hal dimensi kharakter Intellectual dikelola melalui rasio, biasanya dalam hal kesamaan pendidikan dan keahlian. Ketiga adanya  kesamaan dalam hal dimensi kharakter Emotional dikelola melalui olah rasa kesukaan makanan. Keempat adanya  kesamaan dalam hal dimensi kharakter Spiritual dikelola melalui olah ruh.
Tiga tipe orang yang mempunyai ciri Energizers

Pertama. Selalu berfokus pada hal-hal baik. Seorang energizers dapat menemukan hal yang positif lalu menjalankannya. Ada seorang pegawai pemerintah dari sebuah negara yang sudah dikenal cara kerjanya kurang mencerminkan pemerintahan yang baik. Namun Ia berusaha mengatasi pandangan negatif itu melalui kehadirannya yang kuat dan positif. Dia sering memberikan penghargaan disertai dukungan bagi komunitas-komunitas positif yang dilayani oleh agennya, sehingga tampak seperti ia bekerja untuk untuk komunitas dan bukan untuk pemerintah. Dia selalu menyapa semua orang dengan sukacita, terutama kepada kalangan yang kesusahan. Barangkali ada dari pembaca yang mulai terangkat alisnya, kog ada ya model pegawai pemerintah seperti yang satu ini, Anda boleh saja curiga dia mau berkampanye politik, namun menilai dari kesuksesannya, orang-orang jadi senang bertemu dengannya dan dia selalu diundang untuk berbagai macam acara.

Kedua. Mengubah hal negatif menjadi positif. Energizers adalah tipe orang yang mampu atau berdaya. Mereka tidak suka berlama-lama di wilayah negatif sekalipun mereka sedang dalam kondisi yang sulit. Sebagai contoh, mungkin kedengarannya aneh bagi Anda untuk menyebut masa pengangguran sebagai “saat yang tepat untuk refleksi diri dan mencoba kemungkinan baru,” tetapi seorang energizers selalu menekankan sisi positif dalam setiap kesempatan. Seorang manajer pemasaran yang kena PHK oleh perusahaannya yang bangkrut akibat resesi melihat peluang pada orang yang ia temui di sebuah pusat konseling karir. Ia meyakinkan orang tersebut bahwa mereka bisa memulai bisnis jasa bersama-sama. Manajer itu menjadi patokan energi untuk pindah dari situasi negatif ke situasi yang penuh peluang.

Sebutan orang yang selalu berpikir positif barangkali terdengar agak naif. Tapi energizers sejati tidaklah bodoh. Mereka dapat menemukan kekurangan mereka sendiri dan terus berusaha meningkatkannya. Studi menunjukkan bahwa orang yang optimis lebih dapat mendengarkan informasi negatif daripada yang pesimis, karena mereka berpikir bahwa mereka dapat melakukan sesuatu tentang hal itu. Untuk terus bergerak dalam badai, seorang energizers dapat menumbuhkan mental kuat yang menolak hal negatif seperti jas hujan yang menahan tetesan air hujan. Mereka kadang putus asa, tetapi tidak pernah sampai jatuh.

Ketiga . Waktu respon cepat.Energizers tidak suka buang-buang waktu. Seorang energizers tidak suka memberitahu Anda alasan sesuatu tidak dapat dilakukan. Mereka yakin dapat sampai ke tujuan dengan terus bergerak. Mereka sangat responsif terhadap email atau panggilan telepon, dan berusaha cepat dalam mengambil keputusan. Ini membantu mereka melakukan lebih banyak hal dibanding orang pada umumnya. Karena mereka sangat responsif itulah mereka paling banyak mendapat informasi atau koneksi yang merupakan aset diperlukan untuk sukses.

Fakta menarik seputar energi adalah energi itu berlimpah, terbarukan, dan gratis. Karena itu, persyaratan untuk menjadi seorang energizers adalah mengelola karakter dengan baik, tetap aktif, positif, responsif, dan sedang dalam misi (mengejar goal).
Semoga kita termasuk orang yang memliki kriteria tersebut,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar